Salut! Vaksinasi Rubela Di Papua Barat Capai 95 Persen | Liputan 24 Papua Barat
Public Speaking, Master of Ceremony
Public Speaking, Master of Ceremony
www.AlvinAdam.com

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Salut! Vaksinasi Rubela Di Papua Barat Capai 95 Persen

Posted by On 4:12 AM

Salut! Vaksinasi Rubela Di Papua Barat Capai 95 Persen

JawaPos.com - Penggunaan vaksin measles/campak-rubella (MR) kian masif. Provinsi Papua Barat berhasil mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok.

Data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat, per 26 September 2018 pukul 18.00 WIB, Papua Barat menjadi provinsi yang bukan hanya memiliki cakupan imunisasi MR tertinggi, namun juga menjadi provinsi pertama den gan cakupan mencapai 95 persen sasaran.

“Kemenkes memberikan apresiasi yang tinggi kepada jajaran pemerintahan dan secara khusus kepada para tenaga kesehatan di provinsi Papua Barat,” ujar Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes Widyawati melalui keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Senin (1/10).

Meski telah mencapai target sasaran, lanjut Widya, jajaran dinas kesehatan di provinsi Papua Barat tetap akan melakukan pelayanan imunisasi MR. "Sehingga diharapkan 100 persen anak di Papua Barat bisa terlindungi," jelasnya.

Seperti diketahui, Kemenkes memutuskan untuk memberikan kesempatan bagi seluruh provinsi untuk melanjutkan pemberian layanan imunisasi MR hingga 31 Oktober 2018. Hal itu dituangkan dalam surat yang dikeluarkan per 20 September 2018.

Surat tersebut ditandatangani langsung oleh Menkes Nila Farid Moeloek dan ditujukan kepada para Gubernur di 28 Provinsi Luar Pulau Jawa, yang sedang melaksanakan kampanye imunisasi MR.

“Selain itu, perpanjangan kesempatan waktu pelaksanaan imunisasi MR sampai dengan Oktober mendatang diharapkan dapat dimanfaatkan oleh baik jajaran kesehatan maupun para orang tua, yang menginginkan perlindungan kekebalan bagi anaknya. Terutama di daerah yang belum mencapai target sasaran yang diharapkan,” tutur Widya.

Secara nasional, sampai dengan tanggal 26 September 2018 pukul 18.00 WIB data rata-rata cakupan pemberian imunisasi MR mencapai 52,71 persen. Masih berada di bawah target yang diharapkan yakni 95 persen dari seluruh sasaran.

Hingga saat ini, lima provinsi dengan cakupan imunisasi tertinggi adalah Papua Barat 95,17 persen, Bali 89,64 persen, Sulawesi Utara 78,73 persen, Lampung 77,49 persen, dan Nusa Tenggara Timur 77,43 persen.

(yes/JPC)

Sumber: Berita Papua Barat

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »