Public Speaking, Master of Ceremony
Public Speaking, Master of Ceremony
www.AlvinAdam.com

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Jelang Ramadhan, Disperindag Manokwari Temukan Makanan ...

Posted by On 11:32 AM

Jelang Ramadhan, Disperindag Manokwari Temukan Makanan ...

Manokwari, (Tagar 09/5/2018) â€" Menjelang bulan ramadan, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop & UKM) Kabupaten Manokwari, menggelar inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah distributor, rumah toko (ruko) dan pusat perbelanjaan modern di Kota Manokwari, pada Selasa (9/5).
Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Disperindagkop Kabupaten Manokwari, Frengky
mengatakan, kegiatan sidak dilakukan dalam rangka memastikan seluruh penjualan makan kemasan dan minuman kaleng belum melewati batas kadaluwarsa.
“Kami turun pengawasan terhadap makanan dan minuman yang dijual di toko-toko dan distributor,” ujar dia, saat dikonfirmasi awak media, usai pelaksanaan kegiatan sidak.
Dia menjelaskan, tim yang digerakan untuk melakukan sidak berjumlah sepuluh tim terdiri dari pihak Disperindagkop Kabupaten Manokwari, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Manok wari, Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Manokwari, Karantina Pertanian Manokwari, Dinas Perhubungan Perikanan dan Kelautan Manokwari, Dinas Kesehatan Manokwari beserta TNI dan Polri.
Pihaknya akan melakukan sidak selama dua hari di tiga Distrik Manokwari Barat, Timur, dan Distrik Manokwari Selatan.
Dalam pelaksanaan sidak pun, ada dispensasi berupa peringatan bagi para penjual apabila ditemukan makanan maupun minuman yang estimasi kadaluwarsanya tinggal dua bulan. Sanksi terberat bagi penjual jika tidak mematuhi aturan dan telah melakukan pelanggaran penjualan barang kadaluwarsa berulang kali adalah pencabutan izin usaha.
“Kami peringati mereka (penjual,red) kalau sudah mau sampe tanggal jatuh tempo itu tidak boleh jual lagi. Dan yang sudah lewat tanggal kami sita untuk dimusnahkan,” papar dia.
Data sementara yang dihimpun Tagar News dalam pelaksanaan sidak pertama, ditemukan sejumlah makanan ringan dan minuman kaleng yang telah melewati batas kadaluwarsa yakni lima karton biskuat, sepuluh karton kerupuk, coca cola, fanta, krating daeng, bicola dan bihun.
“Cukup banyak yang kita temukan di lapangan itu sudah lewati tanggal, dan kita musnahkan. Sebagian kita ambil bawa ke kantor untuk laporan, jadi sementarai ini cukup banyak,” pungkas Frengki. (dhy)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »