Public Speaking, Master of Ceremony
Public Speaking, Master of Ceremony
www.AlvinAdam.com

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

SPAM Regional Sorong Mampu Menyuplai Air Bersih 600 Liter per ...

Posted by On 8:51 AM

SPAM Regional Sorong Mampu Menyuplai Air Bersih 600 Liter per ...

Sorong, TN -Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Balai Wilayah Sungai Papua Barat telah membangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Sorong di lokasi sungai Warsambin.

SPAM tersebut dapat menyuplai air sebanyak 600 liter per detik dengan asumsi dapat memenuhi kebutuhan 240.000, penduduk di kota dan kabupaten Sorong, jika tiga pompa kemudian ditambahkan oleh Balai wilyah air Papua Barat.

Dalam kunjungannya ke lokasi SPAM Walikota Sorong, Drs. Lambert Jitmau, MM, mengatakan pembangunan SPAM tersebut, menggunakan APBN Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang dilakukan secara bertahap sejak tahun 2014.

Sedangkan kewajiban Pemerintah Kota (Pemkot) Sorong adalah membebaskan tanah lokasi SPAN dari dua kelompok pemilik hak ulayat sebesar Rp6 miliar.

“Pemilik hak ulayat di lokasi SPAM ini ada dua kelompok, saya bicara baik, setela h itu saya satukan dua kelonpok ini lalu sepakat tandatangani kesepakatan, selanjutnya saya bayar sebesar enam miliar rupiah, selesai persoalan,” ujar Walikota Sorong Lambert Jitmau, Senin (26/3).

Ditempat yang sama, Kepala Balai Wilayah Sungai Papua Barat Elroy Koyary, menyatakan pihaknya berencana akan menambahkan tiga pompa ditahun depan, sehingga mampu menyuplai air bersih dengan kapasitas besar untuk kota dan kabupaten Sorong.

Dikatakan, ditahun depan juga Cipta Karya akan membuat Instalasi Pengelolaan Air (IPA) yang nantinya dibagi pada dua reserfoa, yang satu ke kota Sorong dan satunya lagi ke kabupaten Sorong, sesuai kebutuhan.

“Kami juga berencana ditahun depan akan menambahkan tiga pompa lagi, setelah itu juga Cipta Karya akan membuat reserfoa untu kota dan kabupaten Sorong, namun nati dilihat sesuai kebutuhan,” ungkap Kepala Balai Wilayah Sungai Papua Barat, Elroy Koyary.(*)

Sumber: Google News | Liputan 24 Sorong

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »